Selasa, 30 November 2010

Teknis Budidaya

Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung pada umumnya menggunakan sistem double layer (jaring ganda) artinya pada satu kolam terdapat 2 jaring untuk jenis ikan yang berbeda tetapi saling mendukung. Sistem ini biasanya juga disebut sistem Tumpangsari. Biasanya ikan yang berada dijaring paling atas adalah ikan mas sebagai produk utama, sedangkan dijaring kedua terdapat produk sekunder yaitu ikan nila.

Ikan nila dipilih sebagai produk sekunder dikarenakan tidak memerlukan pakan khusus, ikan nila bisa mencapai pertumbuhan yang cukup baik hanya dengan memakan sisa – sisa pakan yang tidak dikonsumsi dari ikan mas yang ada diatasnya, selain itu ikan nila dapat memakan lumut-lumut yang ada dijaring. Disinilah 2 keuntungan yang diperoleh sekaligus yaitu membersihkan jaring serta dapat meningkatkan hasil.
Umumnya Budidaya ikan ini ditanam pada 1 kolam petak dengan ukuran 7 x 7 m2 atau dengan luas total 15.8 x 15.8 m2 menggunakan fasilitas diantaranya sebagai berikut :
  1. Kolam bambu atau abrak
Kolam yang terbuat dari bambu ini, hanya bertahan sampai dengan 3 tahun.


b.   Kolam besi
Kolam besi yang terbuat dari bahan besi sebagai pondasinya juga memakai bambu yang digunakan sebagai alat penunjang yang digunakan untuk berjalan dan mempunyai daya tahan lebih lama dari pada kolam bambu.
c.   Double Layer ( Jaring Ganda )
            Double Layer yang digunakan ada 2 macam :
            1. Saringan berukuran 0.75” digunakan untuk penebaran benih ukuran 5 s.d 10 gram.
2. Saringan berukuran 1” digunakan untuk pembesaran ikan ukuran 10 gram s.d 300  gram. 

d.      Pelampung
Untuk 1 petak keramba dengan ukuran segi empat (7 x 7 m2), diperlukan 12 drum ukuran besar yaitu 200 - 250 liter yang digunakan sebagai pelampung. Dengan jarak antar pelampung yaitu 1.7 meter. 
e.       Pemberat
Agar kolam dapat terlihat bujur sangkar, maka setiap ujung dan tengah jaring dipasang  pemberat @3kg. Dengan demikian maka tiap jaring menggunakan 8 buah pemberat. Biasanya pemberat yang digunakan adalah batu. 
f.       Jenis Pakan
Jenis-jenis Pakan ikan yang digunakan adalah sebagai berikut:
            1. Pakan Buatan sendiri
                Campuran antara ikan asin dengan dedeg (makanan ayam). 


            2. Pakan Buatan Pabrik
               - Merk Turbo
               - Merk Jatra
               - Merk Bintang 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar